Okanemochi

67.jpg
 
Kemana anda menghabiskan lebaran tahun ini?. Bersilaturahmi dengan handai taulan dan sanak famili atau melancong ke suatu tempat. Saya dan keluarga lebih banyak menghabiskan liburan lebaran tahun ini di rumah saja.
Momen lebaran selalu menyegarkan bagi siapa saja yang merayakannya. Hidangan nikmat tertata rapi di meja makan untuk disantap selepas shalat Ied. Aneka kudapan dan jajanan tertata rapi diatas meja berbungkus toplees warna warni. Lebaran menyegarakan apa saja termasuk alam sekitar: warna cat dinding terbarukan, kursi sofa, hiasan dan pernak pernik rumahpun menjadi baru. Ah lebaran memang menjadi pendorong keberbaruan. Semoga keterbaruan itu tidak sekadar phisik semata namun yang lebih penting adalah jiwa dan hatinya.
Momen lebaran juga selalu mengingatkan masa-masa kecil dulu (sekira tahun 80 an). Masa yang sangat romantis dan berkesan. Selepas shalat Ied, bersama teman sebayaku, berjalan dan menghampiri setiap rumah untuk tidak sekedar bersilaturahmi namun juga yang paling penting adalah mengharap dapat uang recehan dari si empunya rumah. Jaman itu kita sudah bisa memetakan mana si empunya rumah yang akan memberi uang (angpao) mana yang tidak. Dari data awal itulah kami bisa menentukan kemana harus “nglencer” terdahulu. Ah, anak kecil emang kreatif!!!
Jaman dulu kala, angpao sebesar 25 perak sangatlah berarti. Apalagi jika ada 10 rumah yang memberikannya. 250 Perak!!!! wouw itu berarti banget bro! bis abeli petasan 10 pak. Bisa minum bakso 10 kali! Itu dulu, sekarang ma beda!
Detik, menit, jam, hari,, minggu, bulan dan tahunpun berganti. Angpao mengalami metamorfosisnya. dari sekdar uang recehan kini berubah menjadi uang kertas. Uang kertas yang lebih bermakna bagi si penerima. Kalau anda memiliki anak banyak, sesuatu keuntungan sendiri karena anak kita mendulang banyak angpao. Eit, jangan salah paham ya, lebaran dan silaturahminya bukan untuk mengais uang loh, tapi bagi anak kita bisa lain tujuannya. Omong, omong, berapa banyak “Sangu” lebaran yang anak anda dapatkan?
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s