KELAS KE DUA

Seri kedua belajar di kelas sejawat dilanjutkan kembali di minggu kedua. Jarak antara sekolah sejawat dengan kediaman penulis lumayan jauh (50 an KM). Dengan bersepeda, tentunya akan sangat mengasyikkan. Terutama saat melintasi ribuan hektar kebun buah naga dan jeruk di sepanjang jalan menuju sekolah tersebut. Keasyikan tersebut semakin melambung karena akan bertemu dengan sejawat yang sudah menyiapkan pembelajaran jauh^jauh hari. Hari selasa yang sangat asyik tentunya.
Jam menunjuk ke angka sembilan. Suasana sekolah sangat lengang,maklum pembelajaran sedang berlangsung. Segera kuayunkan langkah kaki menuju ruang kantor sekolah tersebut. Nampak dari kejauhan petugas keamanan (satpam) berlari kecil menujuku. Kusampaikan maksud kedatangan, dengan cekatan kemudian membawaku keruang kepala sekolah. Diruang kepala sekolah, yang tidak begitu besar tersebut, sudah bercengkrama beberapa guru. Hari itu ada 4 guru yang belajar di kelas sejawat.Teh botol dan gorengan tersaji di meja tamu. Dua guru yang duduk tepat didepan penulis sedang asyik berdiskusi sambil membolak balik dokumen pembelajaran satu persatu. Saya mendengarkan betapa asyiknya mereka berdiskusi seputar K13 dan pembelajaran di kelas. Seorang guru lain datang menghampiri dengan muka lesu berkata bahwa administrasinya masih amburadul, sambil melirik sejawat yang duduk di depannya. Dengan membesarkan hati, seorang teman berkata bahwa administrasi memang penting, namun kemampuan membelajarkan anak secara efektif jauh lebih penting.Yatta! ternyata pemikiran teman tadi sama denganku: yang penting rasanya bung!!!!.
Bel pertanda jam ke 5 akan segera dimulai. Nampak dari kejauhan seorang guru berlari kecil menujuku. Dialah sejawat yang dikelasnya penulis akan belajar bagaimana membelajarkan siswa yang baik. Letak kelas yang kami tuju berada di bagian kanan kantor tersebut:MIA1. Sebagian besar siswa sudah berada di ruang kelas. Beberapa bangku terlihat kosong. Konon sang penunggu sedang berada di kamar kecil dan atau kantin sekolah. Laptop mulai dinyalahkan dan dalam hitungan detik, sang sejawat mulai membuka kelas. Berdoa dan kemudian melakukan proses leading. Beberapa pertanyaan diajukannya terkait pembelajaran sebelumnya. Siswa silih berganti menjawab pertanyaan sang guru. Tidak terasa kegiatan review pembelajaran sebelumnya tersebut memakan waktu 15 menitan.
Sang guru kembali menuju bagian tengah depan kelas tersebut, menampilkan slide. Sepertinya, sang guru telah mempersiapkan pembelajaran dengan matang. Sang guru mulai menampilkan tujuan pembelajaran hari itu. Dia menjelaskan kompetensi apa yang harus dikuasai siswa terkait dengan materi yang akan disampaikannya. Sebagaimana yang kita pahami selama ini, ada akronim yang sangat terkenal terkait pembelajaran yang disingkat OMME. Keempat huruf tersebut mewakili tahapan-tahapan pembelajaran. O adalah objectives atau tujuan pembelajaran. M adalah material atau bahan pembelajaran yang akan disampaikan. M kedua adalah Media atau alat bantu dalam pembelajaran tersebut dan yang terakhir adalah E (evaluation) penilaian atas keberhasilan pembelajaran.Sekali lagi, sang guru sepertinya telah menyiapkan pembelajarannya hari itu dengan baik.
pada kegiatan inti, guru tersebut mendorong proses pembelajaran aktif dengan berbantuan media yang dia tampilkan. Siswa terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara penuh sudah nampak dalam pembelajarannya.
Terdapat beberapa catatann penting atas pembelajaran yang dilaksanakannya diantaranya (1), guru telah membagi kelompok berdasarkan pertimbangan capaian nilai pengetahuan sebelumnya. Konon, kelompok ini akan bertahan selama 3 bulan, setelahnya dievaluasi dan dipetakan lagi atas dasar capaian nilai terbarunya. (2)Secara administratif semua persyaratan K13 terpenuhi.(3) akhirnya saya bisa mengadopsi dan mendapatkan banyak ilmu dari jalan-jalan selasa pagi ini.Berlanjut ke kelas ke 3#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s