Main Chain Story yuk?

Main Chain Story yuk? Ajakku pada siswa pagi ini. Tanpa respon, mereka saling memandang dan menggelengkan kepala dengan teman sebangkunya. Selidik punya selidik para siswa ternyata gagal paham apa yang aku sampaikan. Nah Loh!!!!!. Secepat kilat saya jelaskan permainan yang akan kami laksanakan pagi itu. Setelah seluruh energi digerakkan untuk menerangkan chain story, alhamdulillah, akhirnya mereka memahaminya dengan lebih baik. Acarapun dilanjut dengan membagi mereka ke dalam kelompok-kelompok kecil. Setelah itung sana, itung sini disepakati untuk membuat kelompok berdasar baris kursi yang ditarik dari sisi kiri kelas.

The Chain Story Winner

The Chain Story Winner


Oh ya, hampir lupa menjelaskan apa sih sesungguhnya permainan chain story ini?. Menurut informasi yang saya dapat dari berbagai sumber terpercaya, chain story adalah jenis permainan dimana anggota kelompok saling berurutan melanjutkan tulisan hingga menjadi sebuah cerita yang menarik dan runtut . Dengan kata lain “Chain-story is a story that is collectively written by a group of authors. The story is passed along from student to student, each adding a paragraph with the rule that each part should be coherent and follow the plotline of preceding sections”.
Permainan ini saya gunakan setelah anak-anak belajar Narrative text sebelumnya. Menjadi sangat menarik membaca hasil karya cerita melalui permainan ini. Lucu, menggemaskan, nakal kadang melompat-lompat laksana katak berlari menghindari endusan sang ular. Surprisingly, masing-masing anggota kelompok menjadi cukup berani melampiaskan ide gilanya dalam tulisan berbahasa inggris!.
Permainan ini sangat sederhana loh, dan tahap-tahapan yang harus dilalui adalah sebagai berikut :
1. Bagilah siswa kedalam kelompok beranggotakan 6-7 siswa, persilahkan mereka duduk melingkar atau saling berhadapan.
2. Dikte kalimat pertama, dan mintalah kepada siswa untuk melanjutkan (anda juga diperkenakan menggunakan target language yang telah anda berikan pada siswa:i.e: target vocabulary, grammar item, dll)
3. Katakan pada siswa bahwa permainan tersebut harus diselesaikan dalam 5 menit
4. Setelah lima menit berlalu, katakankanlah pada siswa untuk menyerahkan pada teman selanjutnya, begitu seterusnya sampai seluruh anggota kelompok mengerjakannya.
5. Kalau perlu, ulangi tahapan itu sekali lagi hingga siswa mengerjakan satu halaman penuh cerita.
6. Setelah itu persilhkan masing-masing kelompok membacakan hasil pekerjaannya
7. Diakhir permainan, diskusikan bersama mana cerita terbaik dan berilah penghargaan bagi pemenangnya.
Anda juga bisa menggunakan objek bergambar untuk melakukan permainan ini. Akhirnya, sangat mudah permainan ini, bukan? Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s