Mas Pras Ingin Sekolah!

Mas Pras Ingin Sekolah!

Pras, begitu saya biasa memanggil, adalah seorang anak yang baru lulus SMP. Petang ini, kudatangi rumahnya untuk sekedar berbagi cerita. Akupun bertanya “Kemana dia akan melanjutkan pendidikannya?”. Sayang, guratan di wajahnya masih menunjukkan sikap keragu-raguan. Terutama, dalam menentukan pilihan : SMA, ALiyah atau sekolah kejuruan.

*
Ibah hati ini mendengar cerita darinya. Bagaimana dia mencari pelepah daun kelapa, kuli bangunan dan mengais pasir disungai selepas sekolah. Dia kerjakan untuk membantu agar dapur ibunya tetap menyalah. Akupun tahu jika dia tidak sama dengan anak seusianya yang sibuk dengan kesenangan dan hura-hura. Atau asyik bercengkrama dengan gadget dan HP. Dia lebih asyik dengan bekerja,bekerja dan bekerja. mencari tambahan penghasilan bagi keluarganya.

Bapaknya yang hanya seorang “penderes” gula merah, tidak memiliki pendapatan yang tinggi. Hanya sekedar cukup untuk menghidupi rboncengan pemetik kelapa muda.

Kenyataan itulah yang membuat nyalinya menjadi “keder” untuk terus sekolah. Bukan masalah kemampuan otaknya, melainkan keberlangsungan pendanaan yang harus dikeluarkan hingga anak itu lulus sekolah menengah. Pendidikan adalah salah satu titian merubah nasibnya dimasa mendatang. Namun apa lacur jika kemiskinan dan kebijakan yang justru menenggelamkan keinginannya mengenyam pendidikan yang berkualitas. Disaat para elit sibuk membangun citra dan kekayaan diri, Pras dan jutaan anak berjuang untuk bisa duduk di ruang-ruang kelas. Meski kadang harus berakhir diangan-angan semata. Semoga sekolah kita semakin “ramah” terhadap anak yang kurang beruntung secara ekonomi semacam Pras. Terus berjuang dan berusaha nak, karena pendidikanlah yang akan kembali menaikkan derajatmu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s