Sekolah Memang Jahat!!!!

Lelaki paruh baya itu menyapaku dengan ramah. Sepeda motor Honda berwarna hitam itu dengan segera ia matikan. Ditekanlah jagang sepedanya tepat dihadapanku. Aku tahu siapa dia. Dulu kami berdomisili diwilayah yang berdekatan. Semenjak pindah menjauh darinya, kami jarang sekali ketemu, hanya sesekali dijalanan.
Anak pertamanya kini telah duduk dibangku SMA. Perjumpaan pagi ini digunakan untuk berkeluh kesah denganku. Bukan tentang penghargaan yang diterima SBY, apalagi kematian si Kei. Keluh kesah tentang anak perempuannya.
Kemarin, sang anak mengaduh pada ibunya. Sekolah tidak memberinya kartu nomer ujian. Alasan sekolah untuk tidak memberinya kartu nomer ujian karena mbelum melunasi uang gedung sekolah. Tidak mudah bagi orang tuanya untuk melunasi tanggungan itu. Pekerjaan tidak tetap sebagai buruh tani, memungkinkan keterlambatan pembayaran sebagai hal yang lumrah baginya. Terlebih lagi, banyak kegagalan panen pada musim tanam kali ini karena serangan hama tikus.
Bapak tadi bukan tanpa perjuangan untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang SMA. Untuk membayar uang seragam dan cicilan dana bangungan, ia harus menggadaikan BPKB motor Hondanya di sebuah koperasi. Uang pinjaman dari koperasi telah ia gunakan untuk memenuhi pembayaran sekolah anaknya setahun yang lalu. Kini, masih tersisa 1 tahun lagi untuk melunasi utang/kredit tersebut di koperasi. Kini, dia bingung. Kemana mencari dana untuk melunasi sisa cicilan uang bangunan anaknya.
Mendengar cerita dan keluhan sang teman, hati ini serasa menangis. Sebegitu sulitkah bagi si miskin untuk mengenyam pendidikan. Sebegituh mahalkah tebusan yang harus dibayar oleh orang tua untuk meningkatkan derajat anaknya.?. Haruskah orang miskin dilarang untuk sekolah????? Semoga tidak ada lagi kasus semacam ini di sekolah kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s