SOSOK GURU: SEMAKIN PINTAR ATAU SEBALIKNYA

(Part 1)

Carol Dweck, seorang professor psikologi di Stanford University, menemukan jawaban melalui sebuah penelitiannya. Mengapa orang bisa mengoptimalkan kemampuan, sedang lainnya belum. Menurutnya, kunci dari semua itu bukan terletak pada kemampuan (ability) semata.
Ada hal lain yang mendorong kesuksesan itu. Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa, hal terpenting adalah bagaimana kita memaknai kemampuan itu sendiri. Kita melihatnya sebagai kemampuan yang melekat dan perlu dipamerkan semata atau justru sebagai sesuatu yang dapat dikembangkan. Banyak orang memaknai kemampuan sebagai “pameran’ belaka dan tidak menjadikannya energi untuk menggerakkan perbaikan dan kesuksesan diri. Dari sinilah kemudian berkembang apa yang kita kenal sebagai fixed mindset dan growth mindset.
Dalam fixed mindset, kemampuan mewujud menjadi sesuatu yang statis, tidak bergerak dan dimaknai seperti yang mereka yakini. Bukan berarti tidak memiliki hasrat berbenah dan berubah menjadi lebih baik, namun setiap usahanya selalu berbenturan dengan hal-hal berikut. Challanges, mereka selalu beranggapan bahwa sukses bukanlah suatu jaminan, karenanya mereka sering tersandera oleh anggapan semacam ini dan menghindari tantangan.
Memaknai setiap peluang sebagai rintangan yang harus dihindarinya. Mereka juga alergi terhadap kritik, baginya, kritik adalah upaya untuk “menohok” diri mereka. Kesuksesan yang dialami orang lain lebih dianggapnya sebagai sebuah keberuntungan dan nasib baik semata tanpa mau mencari tahu mengapa orang tersebut bisa sukses. Dalam banyak hal, tipe fixed mindset ini identik dengan pecundang (looser). Analogi sederhana untuk menggambarkan seorang pecundang adalah orang yang mencari sebuah pintu tetapi yang ditemukannya selalu tembok. Beda sekali dengan pemenang (winner) yang selalu menemukan pintu dibalik sebuah tembok (berlanjut di tulisan ke 2).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s