Burung Juga Mengenal Upacara Kematian

Burung Juga Mengenal Upacara Kematian
Penulis : Yunanto Wiji Utomo | Selasa, 8 Januari 2013 | 18:23 WIB
Dibaca: Komentar: 2
| Share:

Chris Gash
TERKAIT:
Fosil Burung Bergigi Pemakan Kepiting Ditemukan
Virus Flu Burung Baru Mungkin Dibawa Burung Migran
Varian Baru Virus Flu Burung Ditemukan di Indonesia
Cara Burung Jantan Bohong untuk Memikat Pasangan
Pembantaian Enggang Terus Berlangsung
CALIFORNIA, KOMPAS.com – Burung ternyata juga mengenal upacara kematian untuk memperingati kerabat atau temannya yang mati. Jenis burung Aphelocoma californica, masih masuk dalam kelompok burung gereja, mengitari tubuh mati rekannya hingga sekitar setengah jam.

Teresa Iglesias, pakar biologi evolusi dari University of California, Davis, melakukan penelitian perilaku burung tersebut. Belum bisa diketahui dengan pasti mengapa Aphelocoma californica punya perilaku itu.

“Mungkin adanya banyak individu membantu mereka mengetahui lokasi dan mengusir predator. Grup burung lebih besar diketahui lebih mampu mengusir predator,” papar Iglesias seperti dikutip New York Times, Senin 97/1/2013).

Iglesias melakukan eksperimen dengan bangkai burung yang telah dicabut bulnya, dikeringkan dan diawetkan. Ketika burung sejenis lain melihat bangkai itu, mereka terbang pada pohon di atasnya serta mengeluarkan suara berisik untuk mencari perhatian individu lain.

Eksperimen selanjutnya mengungkap bahwa burung juga menunjukkan perilaku yang sama saat melihat model burung hantu, tetapi tidak bereaksi saat melihat kayu yang dicat, yang digunakan sebagai kontrol dalam eksperimen.

Beragam hewan juga bereaksi terhadap kematian jenisnya. Lebah dan beberaoa hewan akuatik bereaksi terhadap zat kimia yang dikeluarkan oleh bangkai. Meski Iglesias tak menunjukkan adanya emosi, tapi ia mengatakan, “Jika ini terjadi pada manusia, mengapa tidak pada hewan.”

Sumber :New York Times

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s