Denchi Ga Kireru Made

Inochi

“Inochi wa totemo taisetu da.

Ningen ga ikiru tame no denchi mitai da.

demo, denchi ha ituka kireru.

Inochi mo ituka naku naru.

denchi wa sugu ni torikaerareru kedo

inochi wa sou kantan ni torikaerarenai.

nannen mo nannen mo tuki hi ga tatte

yatto kamisama kara atarareru mono da

inochi ga nai to ningen wa ikirarenai.

demo inochi nanka iranai to itte

inochi wo muda ni suru hito mo iru.

mada takusan inochi ga tukaeru noni.

sonna hito wo miru to kanashikunaru.

inochi wa yasumu koto naku hataraite iru noni.

dakara watashi wa inochi ga tukareta to iu made

seiippai ikiyou”

Menyentuh sekali membaca pesan berjudul” Denchi ga Kireru Made” atau dalam Bahasa Inggrisnya “Until The Battery Runs Out.Pesan itu ditulis oleh MiyakoshYukina,seorang murid sekolah dasar di Jepang. Yukina lahir pada Bulan Fenruari tahun 1987. Terlahir sebagai pribadi yang ceria dan aktif. Sayangnya, pada umur 5 tahun, dokter memvonisnya menderita kanker. Hidupnya kemudian dihabiskan di rumah sakit.Menjalani serangkaian terapi yang sangat menyakitkan untuk anak seusianya.
Saat pertama kali berada di rumah sakit,Yukina merasa heran sekaligus takjub melihat keceriaan wajah-wajah anak-anak yang bernasib sama dengannya. Meski sedang sakit,tetapi mereka tetap tersenyum dan bahu membahu membantu sesamanya. Dia bertanya-tanya dalam hati,mengapa mereka begitu ceria dan bahagia?Didapatilah jawaban itu dari salah seorang orang tua teman sebangsalnya.”Mereka sedang menyemangati satu sama lain untuk tetap teguh dan kuat menjaga keinginannya untk sembuh dan sehat seperti sedia kala!” katanya.
Suatu hari saat Yukina lagi galau akan penyakitnya, seorang teman menggambarkan dia tokoh manga kesukaannya.Begitupun saat Yukina harus melakukan terapi yang menyakitkan,teman-temannya dating untuk meyakinkan bahwa Yukina akan baik-baik saja.Akhirnya Yukina memahami bahwa adalah sangat berharga untuk menyemangati dan membantu orang yang kesusahan.
Di Rumah sakit itu juga Yukina menghabiskan waktu belajar di sebuah ruangan yang disulap menjadi kelasnya. Suatu hari dia melakukan eksperimen dengan menggunakan baterai di kelas sains.Saat dia menghubungkan baterai dengan lampu,didapatinya lampu menyalah.Sontak saja sebuah pemikiran keluar dari otaknya” hidupmu layaknya baterai yang kamu gunakan dalam kehidupanmu”. Hidupmu seperti baterai yang tidak bisa hidup selamanya.Anda bisa mengganti baterai yang telah mati,namun tidak untuk hidupmu.Akhirnya dia menuliskan pesan diatas.
Membacanya mengingatkan saya akan pesan ‘lakukan 5 perkara sebelum 5 perkara” Sehat sebelum sakit, Muda sebelum tua, Kaya sebelum miskin, Lapang sebelum sempit,Hidup sebelum mati.
Hari ini kita diberinya kesehatan,disaat ribuan orang terkapar lemas di bangsal-bangsal sunyi rumah sakit. Hari ini kita masih kelihatan gagah dan berwibawa,sedang diluar sana jutaan manusia rentah diam membisu dalam kesunyian dan penantian maut. Hari ini kita masih memiliki uang yang cukup di dompet,membeli makanan,minuman ataupun kesenangan yang kadang menterlenakan kita,namun lihatlah jutaan orang mengais-ngais sisa rejeki di tong sampah dan TPA.Hari ini begitu banyak waktu kita buang sia-sia,sedang jutaan orang berebut memaknai setiap hentakan jarum jam bagi kehidupannya. Dan hari ini kita masih bisa menghirup segarnya udara pagi,disaat yang bersamaan jutaan orang mengantungkan hidupnya pada tabung-tabung oksigen.
Betapa indah dan nikmatnya kehidupan yang telah diberikanNya pada kita hingga hari ini. Betapa banyak kemudahan-kemudahan yang telah dilimpahkanNya pada kita.Menjadi sulit untuk menghitung nikmatNya. Semoga menjadikan kita tidak lupa untuk mensyukurinya,semoga (catatan untuk diri saya sendiri)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s