SISTEM PENDIDIKAN SD:

Disadur dari:http://rumahfahima.org/en/artikel/pendidikan/277-sistem-pendidikan-prasekolah-dan-dasar-di-jepang

– Pendaftaran

Kegiatan pendaftaran masuk SD, sudah dimulai sejak bulan 10, dgn pengenalan SD tsb pada calon wali murid. Saat ini, kita dibebaskan untuk memilih SD yang dikehendaki, termasuk pindah wilayah, hanya mesti mengurus kepindahan itu. Dari kuyakusho/siyakusho, surat-surat pendaftaran masuk SD akan dikirim.

– Kegiatan sekolah (contoh)

April: sigyoshiki,Hogoshakai (berisi tentang perkenalan,perlengkapan alat2, arahan belajar dll) , Bimbingan keselamatan,pemeriksaan kesehatan(badan, mata, gigi,tht dll) dimulai

Mei: Ensoku, Syaseikai, Bimbingan perawatan gigi

Juni: Bimbingan Renang, gakko-koukai(sekolah dibuka utk umum)

Juli: Hogoshakai(persiapan masuk natsu yasumi), pelajaran renang

Agsutus: dibuka kelas khusus,kateihoumon,pelajaran renang

September: hogoshakai (ttg kegiatan musim panas), undokai

Oktober: gakkokokai, hinnan kunren

November: tenrankai, bimbingan keselamatan

Desember: marathon, hogoshakai (menjelang fuyu yasumi)

Januari: Bimbingan keselamatan-lalu lintas, jugyousankan

Februari: hinnan kunren(latihan penyelamatan diri)

Maret: hogoshakai

Hal-hal positif yang didapat
1. Untuk SD, ada namanya system TOKOUHAN(Group-group berangkat ke sekolah), yang melibatkan wali murid, guru dan anak-anak dr kelas 1 s/d 6. Disini tampak ada rantai ikatan yg menghubungkan antar sekolah , wali murid, dan lingkungan disekitar sekolah.

2. Jam sekolah sekitar 5-6 jam, waktu belajar cukup panjang, shg dr segi fikriyah(selain belajar menghitung, bahasa juga pengamatan di sekitar), jasadiyah (bimbingan dan pemeriksaan kesehatan, kyushoku, olahraga) dan emosional(interaksi dgn teman dan org2 disekolah) bisa didapatkan scr lengkap.

3. Sejak kelas 1, anak-anak sudah diberi tugas utk mengurus kelas , touban (giliran menata)makan siang, sehingga sejak kecil mereka dilatih utk bertanggung jawab pada sutau pekerjaan yg ditugaskan.

4. Banyak diarahkan ttg hal-hal yg bersifat praktisi(tdk teoritas saja), misalnya :

– anak disuruh membuat laporan dari hasil pengamatan dari menanam bunga Asagao dan merawatnya

– ketika natsuyasumi, anak mendapat tugas membuat karya hasil kreativitas dgn orang tua, tugas membaca buku yg dipinjam di perpustakaan, membuat karangan , dan pr2 yg lain.

5. Perhatian wali kelas pada anak didik besar:

– adanya renrakuchou, buku penghubung yg menghubungkan antar walimurid dan guru sekolah

– adanya katei houmon,: guru menmberikan penjelasan ttg anak selama disekolah, misalnya sikap menerima pelajaran, kekurangan2 yg mesti diperbaiki.

Biaya
Sangat murah, bahkan bisa gratis.

PERBEDAAN ANTARA PRASEKOLAH DAN SEKOLAH DASAR:

– Di prasekolah lebih menekankan pada persiapan belajar, bukan pada kegiatan belajar.

– Kegiatan di prasekolah banyak melibatkan orang-tua, di SD wali murid lebih bersifat memantau.

– Hogoshakai di SD, penting utk dihadiri krn banyak memberi penjelasan ttg proses dan target belajar di kelas. Kalau yg prasekolah, lebih banyak membicarakan ttg masalah teknis kegiatan-kegiatan.

– Di SD ada kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler,misalnya yakyu, sepak bola, karate, kendo dll

KEKHAWATIRAN:

– Rapuhnya Aqidah: cerita-cerita yg diberikan atau kegiatan-kegiatan yang diadakan di Hoikuen/Youchien/YouHouen ttg adam-eve, teru-teru bouzu, hina matsuri,tana-bata,crismas dll , kalau tdk kita perbaiki ,aqidah yg kita tanamkan ke anak, tanpa terasa akan terkikis .

Meskipun di SD, tidak ada kegiatan-kegiatan khusus yg berhubungan dgn teru-teru bouzu, hina matsuri, tana bata, chrismas dll(yg dikhawatirkan merapuhkan aqidah), tapi cerita-cerita itu bisa didapat dalam pelajaran sekolah, jadi kita tetap mewaspadainya.

– Perbedaan titik tekan pendidikan di rumah dan di sekolah.

– Pengaruh dari tingkah-laku(akhlaq) atau pembicaraan jelek anak-anak di lingkungan sekolah.

Antisipasi dlm mengimbangi kekurangan:

– Sejak sedini mungkin menanamkan nilai2 islam pada anak dan dekatkan anak dgn aturan2 islam dlm kehidupan sehari-hari

– Jalin komunikasi dengan anak sesering mungkin, menjadikan waktu bercerita kegiatan sekolah sebagai saat-saat yg dinantikan anak-anak

– Menambah kemahiran dalam berbahasa Jepang, selain jadi lebih tahu ttg kondisi perkembangan anak, pergaulan dgn ibu-ibu H/Y/SD jadi bisa lebih luas shg kita bisa mendapat informasi dr mereka.

Kesimpulan:

Dalam menghadapi besarnya factor-faktor penghambat pendidikan islam anak, disamping kita tanamkan nilai-nilai islam agar bisa mengakar, tapi kitapun hendaknya tidak terlalu ekstrim menolak budaya dan pendidikan yg datang dr luar islam. Ibarat kita memberikan imun pada anak, mereka bisa kebal dengan pengaruh-pengaruh yg tidak islami. Ketika melihat perbedaan-perbedaan diluar lingkungan rumah, anak bisa menyeleksi hal-hal yang bisa diserap.

Wallohu alam bisshowab

Penulis: Indit Widhijaningrum Hanifa
Tokyo, Maret 2004

Referensi:

1. Al Qur’an dan Hadist
2. Adachiku no kyouiku, Adachiku kyouiku iinkai
3. Shougakkou 73 kou no chousen, Adachiku kyouiku iinkai
4. Situs ttg ichinenkan no nihon gyouji

Istilah-istialh penting:

Teru-teru bouzu:kepercayaan dengan memasang boneka putih, bisa meminta agar cuaca tidak hujan/menjadi cerah.

Tana bata: cerita legenda dari China yang menjadi kepercayaan masyarakat jepang, kisah bersumber dari 2 bintang yg menghimpit Milky way, dilambangkan dgn perpisahan 2 org kekasih, dimana hanya setahun sekali tiap tgl 7 juli yg cerah mereka bisa bertemu. Di Jepang, pada tgl 6 membuat tulisan di kertas yg berisi keinginan2 mereka, dan kertas itu digantungkan di sasano ha(daun bamboo). Tgl 7, bamboo itu di alirkan disungai atau laut(kebanyakan saat ini dihias), maka keinginanya bisa tercapai.

Hina matsuri: Pada awalnya, hina ningyo itu merupakan hadiah dr raja kepada putrinya sbg mainan, lama-kelamaan orang jepang memasang hina nigyou ini dengan harapan agar anak-anak perempuannya bisa mendapat kebahagiaan dan keberuntungan.

Mame maki:?ni wa soto, fuku wa uchi?SPAN> mame (kacang kedelai?)yg sdh dimasak dilempar, mereka percaya dgn hal itu bisa mengusir kami-gami jahat(oni). Mereka juga percaya, kalau makan mame sejumlah umurnya thn itu atau ditambah satu, akan sehat dn selamat dlm setahun itu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s